Siswa SMK Punya Keunggulan dalam Persaingan Abad 21

SMK Selasa, 29 November 2016 14:04 WIB
321x ditampilkan Headline Pengumuman Berita Artikel

Kebutuhan akan teknisi sekolah menengah atau madya sangat besar di bidang industri, baik di dalam maupun di luar negeri. Sebagai institusi pendidikan yang menyediakan teknisi madya terbesar, SMK tentu memiliki siswa dengan keahlian bervariasi.

Dari sisi peluang kerja, SMK juga pilihan terbaik terutama bagi siswa yang tidak punya kesempatan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

”Pada jenjang pendidikan menengah, pendidikan jalur sekolah menengah kejuruan (SMK) diharapkan menghasilkan tamatan berkarakter mampu mengembangkan keunggulan lokal dan mumpuni untuk bersaing di pasar global. SMK juga harus mempunyai partner industri guna menjaga kualitas lulusan sesuai kebutuhan industri,” kata Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial saat memberikan sambutan pada acara pameran bertema ”Mengedepankan Prestasi Menuju Persaingan Abad 21" di SMK Negeri 9 Bandung, Kamis 17 November 2016.

Oded menyatakan, setidaknya ada tiga keuntungan yang bisa diperoleh para siswa lulusan SMK. Pertama, SMK berperan sebagai elevator atau tangga tercepat dari masyarakat yang berasal dari kalangan kurang mampu untuk bisa menaikkan taraf hidupnya.

Kedua, lulusan SMK bisa memiliki pilihan dalam hidupnya. Setelah lulus sekolah, mereka mempunyai pilihan untuk bekerja atau berwirausaha. Ketiga, mampu mendukung pertumbuhan ekonomi dan industri di Indonesia.

"Nantinya, begitu ada pendapatan, kalian akan berpikir untuk meningkatkan kompetensi dan taraf hidupnya yaitu dengan sekolah lagi," ujarnya.

Oded memberikan semangat kepada siswa-siswi dalam menghadapi persaingan global di dunia. ”Contohnya menjadi wirausaha. Meskipun untungnya kecil atau pun besar, kita patut mensyukurinya. Insya Allah dengan berusaha dan terus berikhtiar, usaha yang dijalani terus lancar,” kata Oded.

Oded mengajak kepada seluruh siswa-siswi SMKN 9 Bandung untuk mampu menjadi generasi yang mandiri. ”Saya berharap, murid SMK 9 Bandung siap menghadapi persaingan global dunia ini dengan kemandirian. Maka dari itu, gali terus kemampuan kalian. Ketahui kekurangan dan tingkatkan kemampuan dari sekarang,” ucap Oded.

Kegiatan pameran itu dimeriahkan oleh lomba siswa SMP se-Kota Bandung di antaranya vocal group, Jingle, dan baca puisi. Acara dilanjutkan dengan lomba untuk guru dan Staf SMK Negeri 9 Bandung seperti balap karung, makan kerupuk, dan tarik tambang.

Selain lomba, ada pula acara bincang-bincang bertema ”Pengaruh Positif dan Mendidik Anak di Era Digital” serta pameran perpustakaan-literasi, info hemat energi, dan unjuk kerja kewirausahaan.

Sumber